sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Menhub akan percepat laju kereta Jakarta-Merak 

Perjalanan kereta api Jakarta-Rangkasbitung-Merak masih di bawah 20 perjalanan dengan kecepatan 40 km perjam dan akan ditingkatkan.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Sabtu, 18 Jan 2020 19:51 WIB
Menhub akan percepat laju kereta Jakarta-Merak 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2956
Dirawat 2494
Meninggal 240
Sembuh 222

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mempercepat laju kereta api dari Jakarta menuju Merak hingga dua kali lipat. Untuk itu, pihaknya tengah melakukan pembenahan-pembenahan jalur kereta api di Provinsi Banten.

Perjalanan kereta api Jakarta-Rangkasbitung-Merak masih di bawah 20 perjalanan dengan kecepatan 40 km perjam dan akan ditingkatkan menjadi 70 km perjam dengan satu lintasan. Elektrifikasi akan dilakukan ketika perjalanan kereta sudah di atas 50 perjalanan. Ketika perjalanan sudah di atas 100, akan dibanguan dua jalur (double track).

Terkait perlintasan satu bidang, menurut Budi tidak ada masalah, akan diselesaikan dengan dikoordinasikan ke Kementerian PUPR.

"Tetapi nanti harus dipersiapkan stasiun, tempat parkir dan juga antar moda. Stasiun sebagai transit oriented system, perjumpaan antara angkutan masal dengan angkutan biasa. Dari sekarang mumpung belum metropolitan, bisa direncanakan," kata Budi saat melakukan peninjauan stasiun kereta api di Serang, Banten, Sabtu (18/1).

Sponsored

Kota Serang merupakan daerah penunjang Jakarta. Oleh karena itu dari sekarang harus dilakukan penataan dengan baik agar selaras dengan pembangunan Jakarta. 

"Di masa mendatang, dalam lima atau 10 tahun di sini akan ada double track, ada elektrifikasi. Tetapi memang ada tanyahapan. Dua tahun ini ada perbaikan rel yang ada untuk peningkatan kecepatan supaya dari Rangkasbitung sampai Merak bisa satu jam," katanya.

Ironi kebut legislasi di tengah pandemi

Ironi kebut legislasi di tengah pandemi

Rabu, 08 Apr 2020 11:36 WIB
Menagih janji keringanan cicilan utang

Menagih janji keringanan cicilan utang

Senin, 06 Apr 2020 05:43 WIB
Berita Lainnya