sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menko Airlangga dorong UMKM kembangkan ekonomi digital

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu terjun ke model bisnis digital.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 02 Okt 2020 11:01 WIB
Menko Airlangga dorong UMKM kembangkan ekonomi digital
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Pemerintah menyambut baik komitmen Grab Indonesia dalam mendukung pengembangan perusahaan rintisan digital atau digital start up di dalam negeri, lewat penyelenggaraan Grab Ventures Velocity. 

“Kami menyambut baik komitmen Grab Indonesia dalam menyelenggarakan Grab Ventures Velocity sebagai kegiatan tahunan di Indonesia dalam mendukung ekosistem perusahaan rintisan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan resmi, Kamis (1/10).

Dia mengatakan, pengembangan ekosistem digital sepatutnya menggunakan pendekatan Penta Helix (ABCGM) yang melibatkan akademisi, sektor bisnis, komunitas, pemerintah, dan media. 

“Diperlukan sinergi antarstakeholder untuk saling mendukung dan menguatkan ekosistem kewirausahaan agar dapat berjalan secara komprehensif dan berkesinambungan,” ujarnya. 

Oleh karena itu, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu terjun ke model bisnis digital, memanfaatkan fasilitas yang ada, untuk mendorong pengembangan dan peningkatan produktivitas usaha.

Kolaborasi antara pemerintah, pelaku ekonomi digital, industri, dan akademisi sangat dibutuhkan untuk menemukan solusi yang terbaik dalam mengakselerasi pengembangan ekonomi digital bagi UMKM.

Apalagi kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia cukup besar, yaitu 97% terhadap serapan tenaga kerja, 60,42% terhadap investasi, serta 14,37% terhadap ekspor.

Lebih-lebih, pandemi Covid-19 telah memengaruhi perdagangan di Indonesia dengan adanya perubahan pola perdagangan dari yang semula dilakukan secara luring (offline), saat ini dituntut untuk menjadi daring (online).

Sponsored

“Momentum ini tentunya perlu dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk bisa menyelenggarakan kegiatan berbasis online,” ucapnya.

Sebagai informasi, Program GVV merupakan salah satu program inkubasi start up Grab Indonesia yang diharapkan dapat mendukung pengembangan ekosistem kewirausahaan dan mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia. 

Program ini diharapkan menjadi contoh bagi platform digital lainnya untuk bersinergi bersama pemerintah dalam mensukseskan pengembangan ekonomi nasional.

Berita Lainnya