sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkab Gowa realisasikan satu hafidz satu desa/kelurahan

Semua lulusan Mahasantri ini akan terdaftar sebagai mahasiswa di UIN Alauddin Makassar

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Selasa, 20 Sep 2022 14:00 WIB
Pemkab Gowa realisasikan satu hafidz satu desa/kelurahan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab Gowa) segera merealisakan program satu hafidz satu desa/kelurahan (Mahasantri) dengan menggandeng Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM). Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, UINAM akan menyiapkan Pendidikan Kelas Khusus Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir yang memiliki kualifikasi hafiz Al-Quran.

"Semua lulusan Mahasantri ini akan terdaftar sebagai mahasiswa di UIN Alauddin Makassar dan juga mendapat gelar sarjana," jelasnya saat penandatanganan kerjasama Pemkab Gowa dan UINAM, Senin (19/9).

Dikutip dari humas.gowakab.go.id, program ini berlangsung selama empat tahun karena dilaksanakan selama enam semester di Lembaga Pendidikan Mahasantri Kabupaten Gowa dan dua semester di UIN Alauddin Makassar. Sehingga, Adnan mengharapkan program ini dapat menjadi program percontohan.

"Dimana periode program berlangsung selama delapan semester atau empat tahun yakni enam semester di Lembaga Pendidikan Mahasantri Kabupaten Gowa dan dua semester di UIN Alauddin Makassar," katanya.

Sponsored

Selain itu, Rektor UIN Alauddin Makassar, Hamdan Juhannis menerangkan, jumlah peserta program ini sebanyak 167 mahasiswa yang telah disesuaikan dengan jumlah desa dan kelurahan. Menurutnya, apabila program ini berhasil, akan menjadi legacy yang berdampak baik terhadap nama Pemerintah Kabupaten Gowa dan UIN Alauddin Makassar.

“Jika ini sukses maka akan menjadi percontohan dan mimpi kami perguruan tinggi lain datang ke kami untuk mengadopsi program ini. Kami harap dukungan dari semua pihak untuk solid membantu program ini berjalan, karena ini sebuah legacy dan patut dicatat dalam sejarah perjalanan kepemimpinan Bupati dan Wabup Gowa,” ujarnya.

Berita Lainnya
×
tekid