sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Serapan APBD masih rendah, Wawali Makassar instruksikan OPD percepat realisasi belanja

Meski harus cepat, Fatmawati menginginkan OPD tidak melakukan kesalahan administrasi dengan memperhatikan ketentuan peraturan.

Muhammad Wahid Aziz
Muhammad Wahid Aziz Jumat, 22 Jul 2022 10:22 WIB
Serapan APBD masih rendah, Wawali Makassar instruksikan OPD percepat realisasi belanja

Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayahnya mempercepat realisasi belanja APBD triwulan II 2022. Pasalnya, masih banyak pos anggaran yang belum digunakan secara maksimal sehingga pembangunan terhambat.

"Hari ini saya mau meminta penjelasan dari beberapa dinas, apa langkah yang dilakukan, agar target dapat terealisasi, supaya bisa menjadi barometer bagi OPD lain yang serapan anggarannya masih rendah," tegas Fatmawati saat memimpin rapat monitoring evaluasi kegiatan APBD 2022, Kamis (21/7).

Meski harus cepat, Fatmawati menginginkan OPD tidak melakukan kesalahan administrasi dengan memperhatikan ketentuan peraturan sesuai perundang - undangan yang berlaku.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Makassar, Helmy Budiman mencatat masih ada 18 OPD yang realisasinya jauh dari target. Capaian yang mereka kumpulan tidak lebih dari 32%.

Sponsored

"Tentu kita harap OPD sadar betul, bahwa belanja yang ada, merupakan tanggung jawab SKPD, tanggung jawab kepada masyarakat, namanya belanja modal berkaitan dengan perputaran ekonomi," ucapnya.

Saat ini Pemkot Makassar melakukan kebijakan penundaan pembayaran TPP bagi OPD yang belum memenuhi realisasi serapan anggaran 40%.

"Dalam surat edaran itu, kita tunda pembayaran TPP bulan Juni, tapi ini baru kebijakan pertama, akan disusul kebijakan selanjutnya, apakah nanti kita menunda atau mungkin memotong atau tidak memberikan sama sekali," pungkas Helmy.

Berita Lainnya
×
tekid