sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi tegaskan komitmen Indonesia dukung perjuangan kemerdekaan Palestina

Jokowi menilai proses rekonsiliasi dalam menyelesaikan persoalan di Palestina perlu didorong.

Gempita Surya
Gempita Surya Senin, 24 Okt 2022 13:19 WIB
 Jokowi tegaskan komitmen Indonesia dukung perjuangan kemerdekaan Palestina

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Shtayyeh, menyepakati terjalinnya kerja sama antara kedua negara di sejumlah bidang. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai melakukan pertemuan bilateral dengan PM Palestina bersama delegasi dari masing-masing negara.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengungkapkan, ada tiga hal yang menjadi pembahasan. Pertama, terkait kesatuan dan perjuangan bangsa Palestina.

Menurut Jokowi, penyelesaian terhadap persoalan di Palestina belum berhasil dituntaskan secara damai dan adil.

"Dukungan internasional terhadap perjuangan Palestina perlu terus didorong, dan saya tekankan pentingnya kesatuan di antara bangsa Palestina," ujar Jokowi dalam keterangan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (24/10).

Disampaikan Jokowi, sejarah Indonesia menunjukkan, persatuan membawa Indonesia dapat merebut kemerdekaan. Oleh karenanya, Jokowi menilai proses rekonsiliasi dalam menyelesaikan persoalan di Palestina perlu didorong.

"Indonesia siap memfasilitasi rekonsiliasi faksi-faksi yang ada di Palestina. Saya juga menyampaikan dukungan Indonesia agar Palestina menjadi anggota penuh di PBB," ujar Jokowi.

Berikutnya, dibahas pula terkait kerja sama di bidang ekonomi. Jokowi menuturkan, perdagangan kedua negara pada periode Januari-Juli 2022 meningkat hingga 21,28% dibandingkan tahun lalu.

Dalam hal kerja sama ekonomi, Indonesia memberikan dukungan berupa pembebasan bea masuk untuk sejumlah produk dari Palestina. Diharapkan kerja sama ekonomi ini dapat terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang.

Sponsored

"Indonesia telah memberikan fasilitas unilateral berupa pembebasan bea masuk untuk kurma dan zaitun dari Palestina ke Indonesia, dan akan diteruskan nanti untuk produk-produk lain dari Palestina," papar Jokowi.

Kemudian, Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan kapasitas bagi Palestina. Dalam hal ini, telah disepakati perjanjian pemberian hibah kemanusiaan antara pemerintah Palestina dan pemerintah RI untuk penanggulangan dampak pandemi Covid-19 bagi masyarakat Palestina.

Selain bantuan kemanusiaan, ujar Jokowi, Indonesia juga memberikan bantuan pengembangan kapasitas untuk mempersiapkan negara Palestina yang merdeka.

"Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah memberikan pelatihan kepada lebih dari dua ribu masyarakat Palestina. Dan hari ini, ditandatangani MoU pembangunan kapasitas untuk mendukung pendirian otoritas obat dan makanan independen di Palestina," ungkapnya.

Adapun kesepakatan kerja sama yang dimaksud yakni, MoU antara BPOM RI dengan Kementerian Kesehatan Palestina tentang kerja sama teknis mengenai pengawasan obat dan makanan.

Ke depannya, imbuh Jokowi, pemberian bantuan pengembangan kapasitas akan terus dilakukan antara lain untuk UMKM, e-commerce, serta penanganan bencana.

"Sekali lagi, saya tegaskan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina," tukas Jokowi.

Berita Lainnya
×
tekid