sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kereta Korea Utara tiba di China, aturan penguncian Covid mulai dilonggarkan?

Setelah hampir dua tahun penutupan perbatasan, beberapa bantuan kemanusiaan mengalir ke Korea Utara,

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 16 Jan 2022 12:33 WIB
Kereta Korea Utara tiba di China, aturan penguncian Covid mulai dilonggarkan?

Sebuah kereta kargo Korea Utara ditarik ke sebuah kota perbatasan China pada hari Minggu. Perjalanan ini disebut menjadi salah satu penyeberangan pertama yang dikonfirmasi sejak penguncian perbatasan anti-coronavirus dimulai.

Korea Utara belum secara resmi melaporkan kasus Covid-19 namun memberlakukan tindakan antivirus yang ketat, termasuk penutupan perbatasan dan pembatasan perjalanan domestik sejak pandemi dimulai awal 2020.

Sementara data China menunjukkan beberapa perdagangan terbatas terus berlanjut. Sebagian besar pengiriman tampaknya menggunakan pelabuhan Korea Utara, bukan kereta api melintasi perbatasan daratnya.

Para pejabat di Seoul mengatakan akhir tahun lalu bahwa mereka mengawasi dengan cermat untuk dimulainya kembali lalu lintas kereta api lintas batas sebagai sinyal bahwa pembatasan mungkin dilonggarkan.

Sponsored

Tetapi, setelah hampir dua tahun penutupan perbatasan, beberapa bantuan kemanusiaan mengalir ke Korea Utara, meskipun pengiriman pasokan utama termasuk makanan tetap diblokir, menurut organisasi-organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Beberapa pengiriman nutrisi dan bantuan medis telah memasuki negara itu setelah tiga bulan karantina di pelabuhan Nampo, tetapi belum ada konfirmasi pengiriman besar yang diangkut dengan kereta api.

China adalah sekutu terdekat dan paling berpengaruh Korea Utara dalam hal ekonomi, menyumbang lebih dari 90 persen perdagangannya.

Berita Lainnya
×
tekid