sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pendukung Imran Khan berunjuk rasa menentang mosi tidak percaya

Di kota pelabuhan, Karachi, lebih dari 20.000 orang meneriakkan slogan-slogan yang menjanjikan kembalinya Khan ke kekuasaan.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Senin, 11 Apr 2022 11:32 WIB
Pendukung Imran Khan berunjuk rasa menentang mosi tidak percaya

Penggulingan Perdana Menteri Imran Khan lewat mosi tidak percaya dari parlemen Minggu (10/4) membuat Pakistan berada di posisi ketidapastian politik. Para pendukung Imran Khan turun ke jalan sebagai bentuk protes atas keputusan penggulingan tersebut. Sementara itu, partai politik oposisi bersiap mencari pengganti perdana menteri.

Associated Press Senin (11/4) memberitakan puluhan ribu pendukung Khan melakukan long march di seluruh Pakistan, mengangkat bendera partai, dan bersumpah akan tetap mendukung Khan sebagai perdana menteri. Pengunjuk rasa didominasi oleh kalangan muda yang menjadi basis pendukung Khan.

Di kota pelabuhan, Karachi, lebih dari 20.000 orang meneriakkan slogan-slogan yang menjanjikan kembalinya Khan ke kekuasaan. Di ibu kota Islamabad, para pendukung menyorotkan lampu ketika Khan berjalan melewati kerumunan di atas sebuah truk. Para pendukungnya juga menuduh Amerika Serikat mengatur penggulingan dan partainya keluar dari Parlemen sesaat sebelum pemungutan suara. Pemungutan suara itu berakhir dengan 174 dari 342 anggota parlemen menyatakan mosi tidak percaya terhadap Khan.

Parlemen menyebut Shahbaz Sharif, saudara laki-laki mantan perdana menteri Nawaz Sharif yang menjadi calon kuat perdana menteri selanjutnya. Shahbaz Sharif memimpin partai oposisi terbesar yang menjangkau spektrum dari kiri hingga agama radikal. Calon Khan untuk perdana menteri adalah menteri luar negerinya Shah Mahmood Qureshi.

Sponsored

Khan telah mengklaim AS bekerja di belakang layar untuk menjatuhkannya, konon karena ketidaksenangan Gedung Putih atas pilihan kebijakan luar negerinya yang independen, yang sering menguntungkan China dan Rusia. Khan kadang-kadang menentang Amerika dan dengan keras mengkritik perang Amerika pasca 9/11 melawan teror. Khan mengatakan Amerika sangat terganggu oleh kunjungannya ke Rusia dan pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 24 Februari, awal invasi yang menghancurkan di Ukraina.

Pemilihan umum tidak dijadwalkan sebelum Agustus 2023. Bahkan jika perdana menteri baru mendukung pemilihan dilakukan lebih cepat, pemilihan tidak akan terjadi sebelum Oktober 2022.

Berita Lainnya
×
tekid