sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

RI-Vietnam dorong ALM hasilkan solusi terbaik bagi Myanmar

Dalam pertemuan bilateral pada Jumat (23/4), kedua pemimpin bertukar pandangan mengenai situasi terkini di Myanmar.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 23 Apr 2021 21:23 WIB
RI-Vietnam dorong ALM hasilkan solusi terbaik bagi Myanmar

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh, mendorong ASEAN Leaders’ Meeting (ALM) menghasilkan solusi terbaik bagi rakyat Myanmar.

Hal tersebut mengemuka dalam pertemuan bilateral kedua pemimpin di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (23/4) sore.

"Kedua pemimpin berharap, pertemuan ALM besok dapat menghasilkan sebuah kesepakatan yang terbaik bagi rakyat Myanmar," ujar Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, melansir situs web Sekretariat Kabinet (Setkab).

Di dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin bertukar pandangan mengenai situasi terkini di Myanmar. Mereka juga menyampaikan keprihatinan atas berlanjutnya kekerasan dan terus jatuhnya korban jiwa di "Negeri Pagoda Emas".

"Posisi Indonesia terkait Myanmar dari sejak awal sudah sangat jelas, yaitu keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar menjadi prioritas. Kekerasan dan penggunaan senjata harus dihentikan sehingga korban tidak semakin bertambah serta dialog inklusif harus segera dilakukan agar demokrasi, keamanan, perdamaian, dan stabilitas dapat segera dikembalikan," ujar Retno mengutip pernyataan Jokowi dalam pertemuan.

Menlu RI menambahkan, kedua kepala negara juga menekankan, bahwa ALM yang akan berlangsung di Jakarta pada Sabtu (24/4) semata-mata digelar untuk kepentingan rakyat Myanmar.

"Kalau kita menengok ke belakang, ALM ini merupakan inisiatif Indonesia dan merupakan tindak lanjut pembicaraan antara Presiden Jokowi dengan Sultan Brunei Darussalam selaku Ketua ASEAN," lanjut Retno.

Dalam pertemuan bilateral, PM Pham Minh Chinh mengapresiasi inisiasi Indonesia menggelar pertemuan pemimpin ASEAN guna membahas dan menemukan solusi atas krisis yang sedang berlangsung di Myanmar.

Sponsored

"Vietnam menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Indonesia yang menginisiasi penyelenggaraan ALM. Perdana Menteri Vietnam mengatakan, kekerasan harus segera dihentikan di Myanmar," sambung Retno.

Selain melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi, kedatangan PM Vietnam di Jakarta juga untuk menghadiri pertemuan ALM yang akan berlangsung di Sekretariat ASEAN.

Berita Lainnya