sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Terancam banjir, 500.000 orang di Sydney diminta evakuasi

Beberapa peringatan telah dirlis agar masyarakat mewaspadai sungai, banjir, dan cuaca buruk di beberapa wilayah di NSW, Australia.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Kamis, 03 Mar 2022 12:19 WIB
Terancam banjir, 500.000 orang di Sydney diminta evakuasi

Sekitar setengah juta orang di Sydney dan New South Wales (NSW) diminta melakukan evakuasi menyusul terjadinya cuaca buruk selama sepekan di wilayah timur Australia. Sebanyak 76 perintah evakuasi telah diterbitkan bagi 300.000 orang, lalu 18 peringatan evakuasi susulan untuk 500.000 orang.

"Kami memiliki 500.000 orang di negara bagian kami saat ini, yang menjadi subjek peringatan evakuasi," kata Menteri Layanan Darurat NSW, Steph Cooke, mengutip The Guardian, Kamis (3/3). Peringatan untuk evakuasi mencakup utara NSW, Sydney, dan Illawarra.

"Kami akan mengeluarkan lebih banyak peringatan dan perintah seiring berjalannya hari," ucap Komisaris Layanan Darurat Negara, Carlene York, kepada wartawan.

Badan Meteorologi telah mengeluarkan beberapa peringatan agar masyarakat mewaspadai sungai, banjir, dan cuaca buruk di timur NSW dari dekat Taree, utara Newcastle, hingga ke Moruya Heads di pantai selatan.

Peringatan banjir diberlakukan untuk Sungai Hawkesbury-Nepean, yang terletak di dekat Sydney. Dampaknya, perintah evakuasi intens disampaikan pada Rabu (2/3) malam waktu setempat.

Pun demikian dengan Sungai Wilsons, Richmond, dan Clarence di utara NSW utara, peringatan evakuasi juga disampaikan. Pangkalnya, rekor banjir pernah terjadi di sana.

Hujan lebat, potensi angin yang merusak, dan ombak berbahaya adalah peringatan yang datang dari pantai timur, sekitar 100 km timur Newcastle, pada Kamis, pukul 06.00 waktu setempat. Orang-orang lalu diperintahkan mengamankan diri menuju Hunter atau distrik yang lebih jauh dari laut.

Menurut peringatan cuaca buruk sebelumnya, hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir bandang diperkirakan akan berkembang di bagian Hunter dan Metropolitan, Illawarra; bagian dari South Coast, Southern Tablelands; dan Central Tablelands Forecast Districts selama Kamis pagi sebelum mulai mereda di malam nanti. Curah hujan selama enam jam diprakirakan antara 80-120 mm.

Sponsored

Banyak sekolah ditutup dan Komite Pendidikan setempat meminta warga yang terdampak agar tak melakukan perjalanan yang tidak penting. Curah hujan di daerah selatan, barat, dan barat laut Sydney, dalam 24 jam sejak Rabu, pukul 09.00 pukul setempat, mencapai 100 mm. Adapun di distrik bisnis pusat sekitar 50 mm. 

Lokasi yang mungkin terdampak banjir akibat cuaca ekstrem ini, menurut Biro Meteorologi, di antaranya Gosford, Sydney, Penrith, Parramatta, Wollongong, Nowra, Bowral, dan Campbelltown.

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid