sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mengenal 16 tipe kepribadian MBTI, apa itu INFJ dan INFP?

INFJ sering disebut sebagai tipe idealis yang disalahpahami. Di AS, tipe ini hanya mendominasi paling banyak 3% dari total populasi.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Jumat, 25 Mar 2022 14:24 WIB
Mengenal 16 tipe kepribadian MBTI, apa itu INFJ dan INFP?

Dua tipe kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah INFJ dan INFP. Bagaimana ciri-ciri dua tipe kepribadian ini? Berikut penjelasannya seperti dikutip Very Well Mind.

INFJ: Introverted, Intuitive, Feeling, Judging

INFJ sering disebut sebagai tipe idealis yang disalahpahami. Di Amerika Serikat, tipe ini diduga hanya mendominasi paling banyak 3% dari total populasi. Dengan intuisi yang kuat, INFJ adalah orang yang lembut dan berempati. Namun, mereka bukan orang yang lembek. Sebaliknya, ada keyakinan yang sangat dipegang dan bertindak tegas untuk memperoleh apa yang diinginkan.

Meskipun INFJ cenderung introver, orang-orang dengan tipe kepribadian ini dapat membentuk hubungan yang kuat dan bermakna dengan orang lain. Mereka menikmati untuk membantu orang lain, tetapi juga membutuhkan waktu untuk mengisi ulang energi. INFJ adalah orang yang konsisten menjalankan apa yang mereka yakini. Orang dengan tipe kepribadian melakukan kontrol dengan merencanakan, mengatur, dan membuat keputusan sedini mungkin.

Mereka juga dikenal bisa menempatkan emosi dan logika. Saat membuat keputusan, INFJ menempatkan penekanan yang lebih besar pada emosi mereka daripada fakta objektif. Namun tidak berarti mereka melihat dunia melalui kacamata emosional, tetapi juga logika.

INFP: Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving

INFP cenderung introver dan pendiam. Berada dalam situasi sosial yang berlebihan cenderung menguras energi mereka. Sifat ini membuat mereka memiliki sekelompok teman dekat yang bisa berteman secara dalam.

Meskipun mereka suka menyendiri namun jauh dari sifat pemalu. INFP biasanya mengandalkan intuisi dan lebih fokus pada gambaran umum daripada detail atas suatu peristiwa. Mereka bisa sangat teliti tentang hal-hal yang benar-benar mereka pedulikan atau proyek yang sedang mereka kerjakan tetapi cenderung mengabaikan hal-hal membosankan atau di luar kontrol mereka.

Sponsored

INFP menempatkan penekanan pada perasaan pribadi, dan keputusan mereka lebih dipengaruhi oleh kekhawatiran ini daripada oleh informasi objektif.

Ketika membuat keputusan, INFP ingin menjaga pilihan mereka tetap terbuka. Mereka sering menunda membuat keputusan penting untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu yang berubah dan mempengaruhi keputusan tersebut. INFP memegang teguh prinsip pribadi ketimbang logika atau faktor emosional.

Berita Lainnya