sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tenaga kesehatan pasien Covid-19 rawan depresi

Efek psikososial yang ditimbulkan akibat pandemi dalam jangka panjang, ialah cemas dan depresi.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Rabu, 17 Feb 2021 18:16 WIB
Tenaga kesehatan pasien Covid-19 rawan depresi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Mereka yang setiap hari bertemu langsung menghadapi virus, sangat rentan terkena kecemasan hingga depresi. Tak hanya fisik, aspek psikososial juga ikut terkena dampaknya.

Koordinator Program Psikologi Sub Bidang Medis, Bidang Koordinasi Relawan STPC-19/Pakar Pendampingan dan Dukungan Psikososial Kebencanaan Endang Mariani mengatakan, data penelitian di berbagai negara menyebutkan, efek psikososial yang ditimbulkan akibat pandemi dalam jangka panjang, ialah cemas dan depresi.

"Siapa yang mengalami hal tersebut? Kebanyakan dari usia muda hingga dewasa. Pekerja yang mudah terkena hal tersebut, di antaranya perawat atau tenaga kesehatan, disusul dengan dokter,“ papar dia, dalam webinar Rabu (17/2).

Sementara Secretary General-Asian Federation of Psychiatric Asociations Nova Riyanti Yusuf mengatakan, banyak penyintas yang mengalami Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD). Banyaknya kasus gangguan kesehatan mental yang muncul akibat pandemi ini, membuat pendampingan personal dan intensif penting dilakukan, agar dapat mengetahui secara spesifik apa saja hal yang dialami.

Dia menyebutkan, salah satu pendampingan psikologi ada di Wisma Atlet. Mereka memberikan voice note di setiap pagi untuk memberikan afirmasi positif kepada penyintas. Ada pula komunitas di sana yang saling mendukung satu sama lain.

Nova pun memberikan beberapa saran terbaik dalam mengatasi dampak pandemi, seperti cemas, stress, dan depresi, di antaranya:

1. Psikological Firts Aid, dengan cara mengurangi tekanan awal, menangani kebutuhan dasar seperti kenyamanan dan dukungan emosional, serta dukungan dari sosial itu sendiri.

2. Afirmasi positif.

Sponsored

3. Self care, seperti menolong diri sendiri. Misalnya dengan cara mengurangi kecemasan tersebut dengan protokol kesehatan ketika ke luar rumah.
 

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya

Catatan Setahun Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 15:41 WIB

DC garap film reboot Superman berkulit hitam

Senin, 01 Mar 2021 15:53 WIB

Jokowi Presiden, wajar disambut massa

Minggu, 28 Feb 2021 09:17 WIB