logo alinea.id logo alinea.id

Mahasiswa bergerak ala kaum milenial

Mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di tengah ancaman drop out dari kampus.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Jumat, 04 Okt 2019 19:23 WIB
Mahasiswa bergerak ala kaum milenial

Aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) Petrus Heriyanto menilai tak sepatutnya rezim Jokowi dan pihak kampus melarang aksi unjuk rasa mahasiswa memprotes revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan RUU kontroversial lainnya. Menurut dia, seharusnya pihak kampus mengapresiasi mahasiswanya yang aktif menyuarakan aspirasi membela kepentingan publik. 

Terlebih, aksi unjuk rasa mahasiswa kali ini tidak dimaksudkan untuk menjatuhkan rezim pemerintah yang dipilih secara demokratis. Mahasiswa, lanjut dia, justru serempak bergerak karena ingin mengoreksi kebijakan pemerintah yang dianggap melenceng. 

"Salah satunya tentang pelemahan KPK. Mahasiswa kan sedang tidak merencanakan tumbangnya rezim Jokowi? Bukan itu targetnya. Targetnya, Jokowi berani mengambil sikap tegas dengan memenuhi tuntutan publik, utamanya soal penetapan Perppu tentang KPK," jelas dia.  

Petrus juga menyebut kekhawatiran Menko Polhukam Wiranto aksi mahasiswa ditunggangi berlebihan. Menurut dia, aksi unjuk rasa mahasiswa jauh dari kepentingan politik. Itu setidaknya terlihat dari cara para mahasiswa mengemas isu secara kreatif dan jenaka. 

Sponsored

"Mereka itu sadar kalau mereka bisa ditunggangi. Makanya, mereka lebih waspada terhadap masuknya unsur lain. Isu mereka kemas agar tidak ada kekuatan politik lain masuk," kata dia. 

Infografik Alinea.id/Dwi Setiawan

Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Selasa, 15 Okt 2019 20:42 WIB
Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Senin, 14 Okt 2019 21:28 WIB
Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Sabtu, 12 Okt 2019 07:57 WIB