sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cegah Covid-19, masker lebih efektif daripada face shield

WHO mengumumkan Covid-19 dapat menular via udara (airborne).

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Minggu, 12 Jul 2020 17:25 WIB
Cegah Covid-19, masker lebih efektif daripada <i>face shield</i>
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 127083
Dirawat 39082
Meninggal 5765
Sembuh 82236

Pemerintah menyatakan, pemakaian masker lebih penting daripada pelindung wajah (face shield) dalam mencegah penularan coronavirus baru (Covid-19). Alasannya, pelindung wajah tidak mampu mengantisipasi penyebaran via udara atau aerosol (airborne).

Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, lantas mencontohkan dengan asap rokok. Pengguna pelindung wajah tanpa masker akan dapat mencium baunya di ruangan tertutup dengan sirkulasi buruk lantaran asap tertahan lama.

"Kurang lebih demikianlah droplet (tetesan kecil) dari Covid-19 ini," ujarnya saat telekonferensi di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (12/7). 

Covid-19 disebabkan SARS-CoV-2 via droplet dan microdroplet. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belakangan mengumumkan, virus mampu bertahan di udara pada ruangan tertutup dan berisiko menjadi wadah penularan. Diinformasikan setelah publikasi yang diteken 239 ilmuwan dirilis. 

Karenanya, Yuri, sapaannya, mengimbau setiap ruang kerja memiliki sirkulasi udara yang baik. "Supaya udara tergantikan setiap hari. Kipas angin di ruangan tertutup hanya memutar-mutar udara itu (saja),” ucapnya.

Dirinya juga menyarankan masyarakat menggunakan masker yang nyaman dan memberi ruang bernapas karena harus selalu digunakan.

Hingga 12 Juli 2020, pukul 12.00 WIB, konfirmasi 75.699 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Sebanyak 35.638 pasien di antaranya telah sembuh dan 3.606 lainnya meninggal dunia.

"Sebagian besar kasus baru yang kita dapatkan hari ini, adalah kasus baru yang tidak ada indikasi untuk dirawat di rumah sakit. Mereka dengan keluhan sakit ringan, bahkan yang merasa tidak sakit, tidak ada keluhan sama sekali," klaim Yuri.

Sponsored
Berita Lainnya