sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Harhubnas 2022, Menhub dorong sinergitas untuk sektor transportasi bangkit lebih cepat

Harhubnas 2022, Menhub dorong sinergitas antarinsan perhubungan seluruh Indonesia untuk dorong sektor transportasi bangkit lebih cepat.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Minggu, 18 Sep 2022 08:43 WIB
Harhubnas 2022, Menhub dorong sinergitas untuk sektor transportasi bangkit lebih cepat

Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 17 September, di tahun ini Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengambil tema “Bangkit Maju Bersama”. Menurutnya, hal ini sejalan untuk mendorong sektor transportasi untuk bangkit lebih cepat setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dibutuhkan sinergi dan kolaborasi bersama antarinsan perhubungan di seluruh Indonesia, sehingga segala tantangan bisa terlewati.

“Kita tidak akan bangkit lebih cepat kalau tidak bersama-sama,” jelas Menhub Budi saat memimpin upacara peringatan Harhubnas tahun 2022 di Palembang, seperti dikutip dari keterangannya, Sabtu (17/9).

Menurutnya, sektor transportasi merupakan sektor yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Kendati, upaya pemulihan sektor transportasi sudah menunjukkan hasil positif. Hal ini diperkuat berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat adanya pertumbuhan di sektor transportasi pada kuartal II-2022 yaitu naik 21,27%. Pertumbuhan ini pun memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44%.

Selanjutnya, pengelolaan kembali ruang udara di atas Kepulauan Riau dan Natuna kepada NKRI menjadi suatu langkah maju atas pengakuan internasional terhadap ruang udara Indonesia.

“Pencapaian ini harus kita syukuri bahwa di tengah tantangan yang dihadapi, sektor transportasi dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi Indonesia,” ujar Budi.

Meski demikian, Budi mengungkapkan ke depan masih ada sejumlah pekerjaan rumah di sektor transportasi yang harus dituntaskan, seperti misalnya peningkatan konektivitas, keselamatan transportasi, dan integrasi antarmoda di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu peringatan upacara Harhubnas selalu dilakukan di Jakarta, tahun ini Palembang dipilih karena menurut Budi, ini menjadi perwujudan paradigma pembangunan yang dilakukan tidak hanya berfokus di Pulau Jawa (Jawa Sentris), tapi Indonesia Sentris.

Sponsored

“Kota Palembang juga menjadi contoh daerah di luar Jawa yang sudah memiliki angkutan massal yang lengkap dan terintegrasi antara LRT, BRT Trans Musi, angkot feeder, dan angkutan lainnya,” tambah Menhub.

Setelah selesai upacara, Budi bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Walikota Palembang H. Harnojoyo menuju Stasiun LRT Ampera untuk membagikan kartu elektronik LRT Sumsel secara gratis pada para penyandang disabilitas. Hal ini merupakan komitmen dari Kemenhub untuk menyediakan angkutan massal yang inklusif bagi semua kalangan masyarakat, termasuk kelompok rentan seperti ibu hamil, anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas. 

Berita Lainnya
×
tekid