sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Luhut tegaskan sistem kesehatan siap hadapi Omicron

Pemerintah meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan, demi mencegah keparahan terjadi.

Anisatul Umah
Anisatul Umah Senin, 24 Jan 2022 15:14 WIB
Luhut tegaskan sistem kesehatan siap hadapi Omicron

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, sistem kesehatan Indonesia sudah cukup siap dalam menghadapi varian baru Omicron.

Meski begitu, pemerintah meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan, demi mencegah keparahan terjadi.

"Saya terus mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga agar kasus dari varian Omicron ini tetap rendah dengan terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan menggunakan PeduliLindungi," paparnya dalam Konferensi Pers Evaluasi PPKM, Senin (24/1).

Berdasarkan data dari Google Mobility pada pekan ini, mulai terdapat tren penurunan mobilitas di Jawa-Bali. Kondisi ini diprediksi akibat mulai waspadanya masyarakat pada varian ini.

"Pemerintah mengapresiasi langkah seluruh masyarakat yang mulai awas akan dampak Omicron ini dan mendorong masyarakat lainnya untuk juga mengurangi aktivitas luar ruang yang tidak diperlukan," pintanya.

Sementara dari sisi level PPKM, menurutnya terjadi peningkatan jumlah kabupaten kota yang masuk ke level 1.

"Teater perang pandemi yang terjadi di DKI Jakarta menyebabkan asesmen situasi provinsi tersebut masuk ke dalam Level 3," ungkapnya.

Akan tetapi, kata Luhut, dalam melakukan asesmen level PPKM, pemerintah memperlakukan DKI sebagai satu kesatuan wilayah aglomerasi Jabodetabek. Secara aglomerasi, Jabodetabek saat ini masih pada level 2.

Sponsored

"Mengingat gejala Omicron yang ringan dan sulit dibedakan dengan batuk atau flu biasa, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan testing bila merasakan gejala tersebut," kata Luhut.

Melihat kasus yang terus meningkat, menurut Luhut pemerintah terus melakukan langkah-langkah mitigasi untuk mencegah keparahan semakin buruk dengan mendorong akselerasi vaksin umum dan booster bagi seluruh masyarakat.

"Pemerintah juga meminta agar masyarakat yang sudah memiliki tiket vaksin ketiga atau booster agar langsung melakukan suntikan vaksin di gerai-gerai yang telah disediakan pemerintah," tuturnya.
 

Berita Lainnya
×
tekid