sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tawarkan KTA, karyawan Bank BCA gadungan ditangkap polisi

Enam bulan beraksi, tersangka RAW dapat untung Rp35 juta.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 19 Jul 2021 17:57 WIB
Tawarkan KTA, karyawan Bank BCA gadungan ditangkap polisi

Polda Metro Jaya menangkap pria berinisial RAW atas dugaan tindak pidana penipuan kredit tanpa agunan Bank BCA. Dalam menjalankan aksinya, RAW mengaku sebagai karyawan bank swasta tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menjelaskan, tersangka RAW menipu korbannya dengan menyebar SMS blasting mempromosikan kredit tanpa agunan (KTA) Bank BCA. Kemudian, korban diminta untuk menghubungi Ayu di nomor 081213953335.

"Tersangka ini bukan karyawan resmi BCA, tapi kalau ada yang telepon diprospek untuk buat KTA Bank CIMB dan DBS," kata Yusri dalam konferensi pers secara daring, Senin (19/7).

Yusri menjelaskan, bahwa tersangka RAW itu sudah melakukan aksinya sejak enam bulan lalu dan meraup keuntungan sebesar Rp35 juta. "Fee yang tersangka dapatkan Rp5 juta per bulan dari setiap pembuatan KTA," ucapnya.

Sponsored

Dalam penangkapan para tersangka disita barang bukti berupa dua usb, 25 unit modem, dua laptop, dan tiga telepon genggam.

Tersangka dikenakan Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat 1 UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dengan pidana Penjara paling lama 12 tahun dan atau denda paling banyak Rp12 miliar dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Berita Lainnya