sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tito mengaku punya hubungan baik dengan Gubernur Papua

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku memiliki hubungan yang baik dengan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 22 Sep 2022 09:54 WIB
Tito mengaku punya hubungan baik dengan Gubernur Papua

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku, memiliki hubungan yang baik dengan Gubernur Papua Lukas Enembe. Namun, Tito memastikan tak ikut campur dengan kasus hukum yang menjerat Enembe di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Kasus Pak Lukas Enembe tidak ada hubungan sama sekali dengan Pak Mendagri, itu murni (penegakan hukum). Kemarin sudah jelas press rilis dari Menko Polhukam, KPK dan PPATK. Saya sebenarnya berhubungan baik dengan yang bersangkutan, sahabat saya lama, tetapi kan kalau masalah hukum, saya enggak bisa ikut campur," ujar Tito kepada wartawan, Kamis (22/9).

Tito menjelaskan, telah melakukan konfirmasi ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait adanya transaksi yang mencurigakan di rekening Lukas Enembe. 

"Dari pendalaman itu, mereka cukup lama lakukan. Mereka kemudian menyerahkan kepada KPK ketika melihat ada dugaan tindak pidana di situ. Kemudian diproses lah itu. Saya sampaikan kepada kontak person beliau, saya kenal baik, kalau seandainya di situ ada peran Kemendagri, peran Kemendagri di mana?" katanya.

Selain itu, lanjut Tito, KPK memiliki mekanisme tersendiri, bukan seperti di Polri, kejaksaan, dan TNI yang satu komando. 

"Ada lima pimpinan, kolektif kolegial dan mereka memiliki mekanisme yang standar operasional prosedurnya sangat ketat, salah-salah pimpinan, pimpinan sendiri yang melanggar, bisa kena. Kami pun tahun lalu ada dirjen kami bermasalah, kami pun tidak bisa berbuat apa-apa, mengikut proses hukum, Dirjen Keuangan daerah. Kalau disebut politisasi orang tertentu, enggak juga," ujar mantan Kapolri itu.

Tito menambahkan, perkara hukum tersebut bukan juga sebuah bentuk kriminalisasi terhadap kader partai politik (parpol) yang berada di luar pemerintahan. 

"Kemarin KPK juga menangkap kalau tidak salah, dan menahan Bupati Mimika yang merupakan kadernya Partai Golkar, koalisi pemerintah. Kami melihat apa yang dilakukan KPK semata-mata karena masukan dari PPATK yang berasal laporan dari sistem perbankan. Jadi, tidak ada urusan sama sekali dengan kemendagri. Kemendagri hanya berusaha menjaga agar situasi politik dan pemerintahannya lebih landai," kata dia. 

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid