sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polisi kerahkan ribuan steward ajang AFF di GBK

Saat pertandingan Piala AFF 2022, polisi akan berjaga pada zona dua di kawasan stadion.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Rabu, 21 Des 2022 06:05 WIB
Polisi kerahkan ribuan steward ajang AFF di GBK

Kepolisian akan menempatkan ribuan steward dalam upaya memberikan pengamanan selama pagelaran Piala Asean Football Federation (AFF) di Gelora Bung Karno (GBK). Salah satunya adalah antara tim nasional Indonesia vs Kamboja sebagai laga perdana Piala AFF 2022 pada Jumat (23/12).

Asops Kapolri, Irjen Agung Setya mengatakan, setiap steward akan menjaga 50 penonton dalam stadion, sesuai Perkap Nomor 10 Tahun 2022. Sebagai contoh, dengan jumlah penonton AFF di GBK yang diizinkan 70% dari kapasitas atau sekitar 50 ribu, maka harus ada sekitar seribu steward yang bertugas.

“Perbandingan jumlah steward dengan penonton itu diatur dalam Perkap 10/2022,” kata Agung kepada wartawan, Selasa (20/12).

Agung menyebut, pihaknya akan berjaga pada zona dua di kawasan stadion atau tepatnya di luar stadion. Kepolisian membantu dalam pemeriksaan terhadap penonton atau menyortir penonton yang masuk ke stadion. 

“Seperti, mengoperasikan alat X-ray, penggeledahan dan sebagainya. Artinya kepolisian posisi paling dekat itu di pemeriksaan penonton, tidak lebih,” ujarnya.

Agung menyampaikan, steward dapat meminta bantuan kepolisian dalam kondisi tertentu yang di luar kapasitasnya. Mereka akan mengajukan bantuan lewat manajer keamanan yang akan menyampaikannya ke pihak kepolisian.

“Jumlahnya berapa dan tindakan apa yang harus dilakukan merupakan keputusan dari manajer security,” ucapnya.

Sebelumnya, Polri memberikan izin para suporter yang dapat hadir dalam stadion untuk datang sebatas 70% dari jumlah kapasitas penuh stadion. Keputusan ini diambil setelah sejumlah asesmen dilakukan.

Sponsored

Selain itu, para penonton diminta untuk tidak membawa barang yang berbahaya. Kepolisian akan terus melakukan pemeriksaan supaya pertandingan tetap dalam jalurnya sebagai kompetisi sepak bola.

Terkait suporter, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan tiket presale laga perdana di Piala AFF antara timnas Indonesia vs Kamboja sudah ludes terjual di hari pertama. Sementara untuk tiket timnas di Piala AFF, mengingat antusiasme yang membludak, pihaknya juga membuka untuk program penjualan untuk tiket Timnas lanjutan per hari ini.

"Sesuai kebijakan PSSI, maka program penjualan tiket dengan harga spesial (special presales) diperpanjang hingga malam ini. Serta telah ditambahkan dengan kategori 2 (Utara dan Selatan)," kata Kepala Divisi Suporter PSSI, Budiman Dalimunthe. 

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid