logo alinea.id logo alinea.id

KPU telah serahkan kisi-kisi debat perdana

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi optimistis kisi-kisi tak akan membuat debat menjadi dangkal. 

Ayu mumpuni
| Ayu mumpuni Jumat, 11 Jan 2019 16:32 WIB
KPU telah serahkan kisi-kisi debat perdana

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menyerahkan kisi-kisi pertanyaan debat kepada perwakilan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi meyakini, kisi-kisi tidak akan membuat debat menjadi dangkal. 

"Jadi (kisi-kisi) ini bukan sekadar menanyakan ya atau tidak, atau A atau B, tapi kita ingin menggali secara mendalam apa yang ditawarkan masing-masing paslon untuk soal hukum, HAM, korupsi, dan terorisme," katanya di Gedung KPU RI, Jakarta, Jumat (11/1).

Kisi-kisi diserahkan kepada perwakilan kedua paslon Kamis (10/1) malam sekira pukul 23.00 WIB. Masing-masing perwakilan paslon mendapatkan sebuah amplop yang berisi 20 daftar pertanyaan. Pramono menegaskan, KPU meminta kepada perwakilan paslon untuk tidak menyebarluaskan kisi-kisi tersebut.

"Ketika menyerahkan kepada masing-masing paslon, mereka juga sudah menandatangani surat pernyataan bahwa daftar pertanyaan ini bukan untuk disebarluaskan," imbuhnya. 

Sponsored

Terkait persiapan debat, Pramono menjelaskan, hingga kini KPU terus mematangkan teknis debat. Rencananya, KPU bakal kembali memanggil tim sukses kedua kubu untuk membahas dan menyepakati aturan teknis debat perdana nanti.