sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ahmad Syaikhu ditunjuk sebagai presiden PKS

Proses pemilihan Pengurus PKS masa bakti 2020-2025 berlangsung pada sidang Musyawarah Majelis Syura PKS di Bandung, Senin (5/10).

Hermansah
Hermansah Senin, 05 Okt 2020 21:11 WIB
Ahmad Syaikhu ditunjuk sebagai presiden PKS
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengumumkan susunan kepengurusan masa khidmat 2020-2025. Habib Salim Segaf Aljufrie terpilih lagi sebagai Ketua Majelis Syura (MS) PKS, sedangkan Ahmad Syaikhu ditunjuk sebagai presiden PKS menggantikan Mohamad Sohibul Iman. Kemudian Habib Aboe Bakar Alhabsyi sebagai sekretaris jendral menggantikan Mustafa Kamal. Proses pemilihan Pengurus PKS masa bakti 2020-2025 berlangsung pada sidang Musyawarah Majelis Syura PKS di Bandung, Senin (5/10).

“Para anggota Majelis Syura PKS yang hadir telah melaksanakan kewajiban syuranya secara baik dan memilih kader-kadernya untuk penugasan menjayakan partai di 5 tahun kedepan," kata Habib Salim dalam pidato sambutannya sesaat setelah ditetapkan sebagai ketua Majelis Syura, seperti dilansir pks.id.

Habib Salim Segaf Al Jufri sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Sosial periode 2009-2014. Pada kepengurusan PKS 2015-2020 lalu Habib Salim terpilih menjadi ketua Majelis Syura menggantikan Hilmi Aminuddin. Kini Habib Salim terpilih kembali sebagai Ketua Majelis Syura PKS.

Anggota Majelis Syura (MS) yang hadir dalam musyawarah ini adalah utusan masing masing provinsi. Mereka terpilih menjadi anggota Majelis Syura 2020-2025 pada Pemira (Pemilihan Raya) anggota MS dengan sistem pemilihan eletronik. Para kader PKS seluruh Indonesia telah melaksanakan pemilihan anggota Majelis Syura PKS pada 26 Juli. Hasilnya 66 anggota terpilih mewakili 34 provinsi. Merekalah yang hadir bersidang pada Musyawarah Majelis Syura di Bandung.

“Ahmad Syaikhu salah satu kader terbaik partai yang layak melanjutkan tugas sebagai Presiden PKS. Pribadi yang santun, berintegritas dan totalitas dalam berjuang,” ujar Sohibul Iman terkait pergantian posisi presiden PKS dari dirinya ke Ahmad Syaikhu. Sohibul Iman sekarang diamanahi sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS mendampingi Habib Salim.

Sementara Ahmad Syaikhu mengatakan, bangsa Indonesia sedang mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi dan krisis kepemimpinan nasional. Oleh karena itu semua harus memiliki optimisme dan semangat pantang menyerah melewati ujian yang maha berat ini.

"Sikap politik PKS tetap istikamah bersama rakyat menjadi kekuatan oposisi mengawal dan mengawasi jalannya roda pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Meskipun PKS di luar pemerintahan, PKS berkomitmen menjadi partai yang siap turun tangan menyelesaikan berbagai permasalahan yang membebani rakyat. PKS akan hadir sebagai bagian dari solusi bukan bagian dari masalah," kata Syaikhu.

Sidang musyawarah juga memutuskan Mohamad Sohibul Iman, Ahmad Heryawan dan Suharna Surapranata sebagai wakil ketua Majelis Syura. Untung Wahono sebagai sekretaris Majelis Syura. Suswono sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP), Surahman Hidayat sebagai ketua Dewan Syariah Pusat (DSP), Aboe Bakar Al Habsyi sebagai sekretaris jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan Mahfudz Abdurrahman sebagai bendahara umum DPP.

Sponsored
Berita Lainnya