sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kubu Airlangga klaim borong dukungan tokoh senior Golkar

Selain Jusuf Kalla, Luhut Binsar Pandjaitan juga diklaim mendukung Airlangga.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 02 Des 2019 20:31 WIB
Kubu Airlangga klaim borong dukungan tokoh senior Golkar

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menyebut sejumlah tokoh senior sudah menyatakan bakal mendukung Airlangga Hartarto kembali memimpin Partai Golkar.

Selain eks Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Lodewijk menyebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) juga turut mendukung Airlangga. 

"Insyaallah nanti ada ARB (Aburizal Bakrie), AL (Agung Laksono), AT (Akbar Tandjung), LBP, dan JK. Jadi, kami informasikan inilah yang mendukung AH," kata Lodewijk di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (2/12).

Namun demikian, Lodewijk menegaskan, dukungan Luhut tak mewakili Istana. "Kita melihat LBP bukan seorang menko, tapi senior Partai Golkar yang kebetulan mendukung Pak AH (Airlangga Hartarto)," ujarnya.

Selain mendapat dukungan dari sejumlah politikus senior Golkar, Lodewijk mengaku Airlangga telah didukung 514 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I dan II Golkar. Dukungan itu, kata dia, disampaikan secara tertulis. 

"Kita minta tertulislah. Tapi, itu prosesnya pun di-rapat-pleno-kan. Jadi, bukan perorangan ketuanya. Tapi, memang itu pemegang hak suara mewakili. Yang mereka bawa itu kolektif," kata Lodewijk.

Sebelumnya, Bambang Soesatyo dan sejumlah calon ketua umum Golkar menghendaki agar dukungan diberikan di bilik suara (voting). Mereka bahkan menuding jika proses penjaringan lewat dukungan tertulis melanggar AD/ART.

Terkait itu, Lodewijk mengatakan, mekanisme pemilihan ketum baru disepakati setelah tata tertib munas disahkan. "Nanti kita lihat. Karena itu kan masuk dalam tata tertib munas. Besok baru kita bahas. Mekanisme seperti apa kan prinsip yang kita lakukan selama ini tidak keluar dari AD/ART," ujar dia. 

Sponsored