sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ridwan Kamil: Potensi gas Jawa Barat lebih banyak daripada minyak bumi

Sayangnya, baru sebagian kecil potensi gas bumi di Jawa Barat yang termanfaatkan.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 03 Mar 2021 11:48 WIB
Ridwan Kamil: Potensi gas Jawa Barat lebih banyak daripada minyak bumi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menyatakan, potensi kandungan gas bumi di "Bumi Pasundan" empat kali lipat lebih banyak dibandingkan minyak bumi. Namun, sumber energi tersebut belum bisa dimanfaatkan secara optimal.

"Jumlah itu memang belum cukup untuk ekspor, tetapi sangat cukup memenuhi kebutuhan Jabar sendiri dalam bidang energi," katanya, melansir situs web Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Menurut Kang Emil, sapaannya, gas yang terkandung di Jabar termasuk energi panas bumi. Baru sebagian energi panas bumi yang dimanfaatkan lantaran teknologinya masih mahal.

"Untuk itu, kita membutuhkan investor karena belum memungkinkan dikelola oleh BUMD (badan usaha milik daerah)," jelas bekas Wali Kota Bandung ini.

Sponsored

Karenanya, dibentuk Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET). Tujuannya, memperjuangkan hak daerah dalam mendapatkan bagian dari investasi energi migas.

"Kita butuh investor, tetapi kita juga harus memperjuangkan hak-hak daerah mendapat keuntungan dari investasi bidang energi migas dan energi terbarukan di daerah kita" jelas Kang Emil.

Ridwan Kamil dikukuhkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, sebagai Ketua Umum ADPMET 2021-2025. Ini sesuai hasil musyawarah nasional (munas) di Bali.

Berita Lainnya