sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Masih ada proyek tidak sesuai standar, DPUPR Pandeglang: Harus sesuai perencanaan teknis

Kepala DPUPR meminta konsultan pengawas untuk selalu aktif terjun ke lapangan untuk mengawasi kinerja pemborong.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Senin, 11 Apr 2022 15:55 WIB
Masih ada proyek tidak sesuai standar, DPUPR Pandeglang: Harus sesuai perencanaan teknis

Beberapa kontraktor di Kabupaten Pandeglang belum mengikuti petunjuk teknis pengerjaan proyek dan tidak melakukan standar teknisnya. Maka dari itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat, menginstruksikan para kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas bekerja sesuai perencanaan teknis dalam penyelesaian proyek terutama Program Jalan Kabupaten Mantap Betul (Jakamantul).

“Kalau selama ini mungkin tidak mengikuti petunjuk teknis, tidak sesuai dengan standar teknisnya. Ya, kita mungkin ada beberapa yang memang mengikuti standar teknisnya. Ada juga kontraktor pelaksana ini kan, kadang-kadang malah yang penting dikerjakan. Yang bekerja betul-betul mengikuti spek ada. Kita tidak memungkiri itu. Cuma kita usahakan ke depan, harus sesuai dengan spesifikasi,” imbuhnya, Senin (11/4).

Asep mengatakan pihaknya terus mengupayakan perbaikan pengerjaan proyek. Selain kontraktor, Asep juga meminta konsultan pengawas untuk selalu aktif terjun ke lapangan untuk mengawasi kinerja pemborong. Menurutnya, konsultan ini merupakan perpanjangan tangan dari Pekerjaan Umum (PU), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan Pengguna Anggaran (PA), sehingga diharapkan terus berperan aktif.

“Ke konsultan pengawas, kita selalu anjurkan persyaratan agar selalu aktif. Karena konsultan pengawas itu kan, perpanjangan tangan dari orang PU, PPTK, PPK, dan PA. Jadi, kita dari awal sudah dikoordinasikan, kita sarankan bahwasanya harus proaktif,” katanya.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid