logo alinea.id logo alinea.id

OSO: Wiranto penyebab kegagalan Hanura

Hanura hanya mengantongi sekitar 1,7% suara pada Pileg 2019.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Rabu, 15 Mei 2019 19:24 WIB
OSO: Wiranto penyebab kegagalan Hanura

Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengungkap alasan kegagalan partainya melompati ambang batas parlemen sebesar 4%. Menurut OSO, Hanura gagal ke Senayan karena tindakan Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto.

"Jadi ada yang bertanya, kenapa Hanura kalah, ya tanya Wiranto bukan saya. Dia yang membuat kalah kok," kata OSO di sela-sela acara buka puasa bersama Presiden Jokowi di kediamannya di Jalan Karang Asem, Jakarta, Rabu (15/5).

Namun demikian, dia tidak menjelaskan apa peran Wiranto hingga menyebabkan Hanura tidak lagi menjadi penghuni Gedung DPR. "Ya, tanya Wiranto saja," ujar dia.

Wiranto saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Sebelum menerima jabatan sebagai salah satu menteri Jokowi, Wiranto adalah Ketua Umum Hanura. Kursi ketua ia serahkan kepada OSO pada 2016.

Biarpun kalah, menurut OSO, Hanura patut berbangga karena mampu mengantarkan pasangan Jokowi-Ma'ruf memenangi Pilpres 2019. 

"Seluruh DPD Partai Hanura se-Indonesia solid mendukung dan bergerak memenangkan Jokowi-Ma'ruf. Biar Hanura kalah, tapi presidennya menang," ujarnya.

Berdasarkan hasil penghitungan suara sementara KPU, Hanura hanya memperoleh suara 1,72%. Jika hasil itu tidak berubah, Hanura bakal menjadi satu-satunya partai wajah lama yang terusir dari Gedung DPR. (Ant)


 

Sponsored