sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Apdesi deklarasi Jokowi 3 periode, PKS: Buka kotak pandora!

PKS meminta semua pihak seharusnya memegang penuh komitmen pembatasan masa jabatan presiden.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 31 Mar 2022 13:52 WIB
Apdesi deklarasi Jokowi 3 periode, PKS: Buka kotak pandora!

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera menyoroti rencana deklarasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiga periode yang dilakukan Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi). Menurutnya, kejadian ini membuktikan adanya penggalangan opini untuk menunda Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Kejadian ini jadi bukti masih ada penggalangan opini mengenai upaya untuk menunda Pemilu 2024, presiden tiga periode atau memperpanjang masa jabatan presiden," ujar Mardani kepada wartawan, Kamis (31/3).

Mardani mengatakan, semua pihak seharusnya memegang penuh komitmen pembatasan masa jabatan presiden. Kata dia, tidak boleh tergoda untuk mengubahnya dengan alasan apa pun. 

"Jika sekali saja ada pembenaran atas hal tersebut, itu akan membuka kotak pandora pelanggaran konstitusi dan kesewenang-wenangan kekuasaan lainnya," kata anggota Komisi II DPR ini.

Terpisah, Koordinator Presidium Demokrasiana Institute Zaenal Abidin Riam mengatakan, Presiden Jokowi harus memastikan konstitusi dan reformasi tidak dibajak oleh ambisi kekuasaan dari segelintir orang. Karenanya, Jokowi harus dengan tegas mengeluarkan pernyataan bahwa wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden harus dihentikan. 

"Bukan memberi pernyataan yang membuka peluang tiga periode," kata Zaenal di Jakarta, Kamis (31/3).

Menurutnya, Jokowi tidak sepatutnya bersikap tidak bisa melarang wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden muncul di publik dengan dalih demokrasi. Sebab, wacana ini justru merusak tatanan demokrasi.

"Jika sikap seperti itu yang dipertahankan, maka komitmen Jokowi terhadap demokrasi sangat patut dipertanyakan," tegasnya

Sponsored

Untuk saat ini, lanjutnya, publik menunggu langkah tegas Jokowi untuk menertibkan menteri-menterinya yang mewacanakan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. 

"Sejauh ini langkah itu belum dilakukan, jika langkah ini tidak dilakukan, maka publik akan semakin meragukan komitmen Jokowi terhadap konstitusi dan demokrasi," katanya.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

Review Huawei Band 7, lebih tipis lebih ringan

Minggu, 14 Agst 2022 15:26 WIB

, : WIB
×
tekid