sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jelang kongres, PDIP gelar Rakernas IV secara tertutup

Rakernas akan lebih banyak membahas persoalan internal partai.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Rabu, 19 Jun 2019 09:35 WIB
Jelang kongres, PDIP gelar Rakernas IV secara tertutup

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Rakernas dijadwalkan akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Rakernas IV PDIP ini akan bersifat tertutup. Agenda yang dibahas juga lebih banyak ihwal internal partai.

"PDIP menyadari bahwa politik memerlukan ruang kontemplasi agar mengalirkan gagasan jernih dan semakin berdedikasi bagi rakyat, bangsa, dan negara Indonesia. Oleh sebab itu mohon maaf kepada teman-teman pers," kata Hasto lewat keterangan resminya, Rabu (19/6).

Menurutnya, Rakernas kali ini hampir mirip dengan Rakernas III di Bali. Saat itu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mencalonkan Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Hasto mengatakan, Rakernas IV ini juga akan merumuskan seluruh tanggung jawab partai dalam mewujudkan harapan rakyat yang memenangkan PDIP dan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pemilu 2019.

“Kami tidak menanggapi kemenangan dengan euforia. Kami bersyukur dipercaya kembali oleh rakyat. Kami bertanggung jawab untuk menggunakan besarnya dukungan rakyat tersebut di dalam membangun masa depan bangsa secara bersama-sama, dengan cara gotong royong dengan seluruh komponen bangsa” kata dia.

PDIP, Hasto melanjutkan, juga akan terus menjalankan tugas strategisnya, khususnya di dalam rekrutmen, pendidikan politik, dan kaderisasi kepemimpinan. Namun PDIP juga terus belajar agar semakin mampu mengelola jalannya pemerintahan negara.

"Sebab kekuasaan politik itu berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat” tegas Hasto.

Sponsored

Lebih lanjut, Hasto memaparkan, Rakernas IV PDIP ini secara khusus juga untuk memersiapkan konsolidasi partai dalam rangka pelaksanaan Kongres V yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 di Bali.