sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi puji Airlangga, Bamsoet bimbang maju caketum Golkar

Pujian Presiden Joko Widodo terhadap Airlangga Hartarto membuat Bambang Soesatyo bimbang melaju calon ketua umum Golkar.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 11 Nov 2019 21:25 WIB
Jokowi puji Airlangga, Bamsoet bimbang maju caketum Golkar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengaku belum memutuskan untuk maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar. Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar yang akrab disapa Bamsoet itu bimbang untuk mencalonkan diri sebagai Ketum Golkar dalam forum musyawarah nasional (Munas) yang akan digelar awal Desember 2019.

Bamoset masih menunggu aspirasi dan keinginan dari kader-kader dan pengurus Golkar di daerah. Sebab, para pengurus Golkar daerah turut memiliki hak suara di forum Munas tersebut.

"Terkait Partai Golkar, saya belum memutuskan apakah saya akan maju atau tidak dalam kontestasi awal Desember mendatang. Karena yang menentukan kan mereka," kata Bamsoet di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/11).

Bamsoet kemudian menyinggung pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada  puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Partai Golkar yang menyebut Ketum Golkar saat ini, Airlangga Hartanto, merupakan sosok yang top. 

Bamsoet mengatakan, pernyataan Jokowi itu tak dalam posisi memberikan restu terhadap Airlangga untuk maju kembali sebagai Ketum Golkar. Dia yakin, Jokowi sebagai kepala negara netral dalam Munas Golkar mendatang.

"Karena beliau kepala negara dan pemerintahan yang selalu disampaikan kepada publik, partai manapun posisi beliau netral," kata Bamsoet.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa Golkar menjadi tulang punggung kekuatan pemerintah saat ini. Jokowi menyebut kondisi internal di Golkar bisa berpengaruh ke dalam pemerintahan. 

Mantan Wali Kota Solo itu berharap agar internal Golkar tetap menjaga kesolidan di tengah rivalitas merebut kursi nomor satu di partai berlambang pohon beringin itu. 

Sponsored

"Oleh sebab itu, solid dan komitmen harus kita jaga sama-sama," ujar Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta. 

Rapat Pleno Golkar telah memutuskan pelaksanan Munas dengan agenda pemilihan ketua umum.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, Munas akan dilaksankan pada 4-6 Desember. Acara pemilihan ketum ini akan digelar di Jakarta. Menurut dia, Munas akan dipimpin oleh Melchias Marcus Mekeng sebagai ketua panitia penyelenggara.