sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Core: Potensi jumlah orang miskin di Indonesia capai 5,1 juta

Tiga skenario yang terjadi dalam bertambahnya kemiskinan di Indonesia, skalanya: berat, lebih berat dan sangat berat.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 05 Mei 2020 10:52 WIB
Core: Potensi jumlah orang miskin di Indonesia capai 5,1 juta
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 75699
Dirawat 36455
Meninggal 3607
Sembuh 35638

Jumlah orang miskin di Indonesia diperkirakan bakal melambung tinggi akibat terhentinya aktivitas ekonomi selama pandemi Covid-19 ini. 

Lembaga think-tank Center of Reform on Economics (Core) Indonesia memperkirakan jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan berpotensi bertambah 5,1 juta hingga 12,3 juta orang pada triwulan II 2020.

Menurut Core, potensi lonjakan jumlah penduduk miskin karena banyaknya masyarakat yang berada di tingkat kesejahteraan mendekati batas kemiskinan, walau tidak berada di bawah garis kemiskinan. 

Catatan Core, jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan pada Maret 2019 mencapai 25,1 juta jiwa atau 9,4% dari total penduduk Indonesia. Sedangkan jumlah penduduk rentan miskin dan hampir miskin mencapai 66,7 juta jiwa atau sekitar 25% dari total penduduk Indonesia. Angka tersebut menunjukkan lebih dari 2,5 kali lipat jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan.

Sponsored

Sebagai informasi, masyarakat golongan rentan dan hampir miskin ini, umumnya bekerja di sektor informal dan sangat bergantung pada bantuan pemerintah. 

Sehingga penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat mengalami penurunan pendapatan. Bahkan tidak sedikit yang kehilangan mata pencaharian, khususnya yang bekerja di sektor informal. 

"Jika bantuan sosial yang diberikan pemerintah tidak mencukupi atau datang terlambat, golongan rentan dan hampir miskin akan semakin banyak yang jatuh ke bawah garis kemiskinan," tulis laporan Core pada Selasa (5/5).

Berita Lainnya